PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BUKU PADA PT. PENERBIT ERLANGGA (STUDI KASUS KONSUMEN DI SEKAYU)
Main Article Content
Abstract
- Penerbit Erlangga merupakan salah satu penerbit buku-buku mata pelajaran
dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi. Harga yang relatif
lebih mahal dibanding produk dari penerbit lain menimbulkan penurunan dalam penjualan.
Kelengkapan isi buku juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli buku
- Penerbit Erlangga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh produk dan harga
terhadap peningkatan buku PT. Penerbit Erlangga. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli buku PT. Erlangga di Sekayu.
Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2021 hingga November 2021. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada beberapa konsumen PT. Penerbit
Erlangga, untuk menggali informasi mengenai 1) Kelengkapan Isi, 2) Harga, dan 3) Strategi
Penjualan Buku Pt. Penerbit Erlangga. Hasil penelitian menemukan bahwa konsumen PT.
Penerbit Erlangga di Sekayu membeli buku dari Penerbit Erlangga dengan pertimbangan
kelengkapan produk yang lebih dibandingkan produk dari penerbit lain. Selain itu harga yang
ditawarkan juga menjadi pertimbangan, karena dengan harga yang lebih mahal sedikit tapi
konsumen bisa mendapatkan buku dengan isi materi yang lengkap dibanding dari penerbit
lain. PT. Penerbit Erlangga juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti pihak
sekolah maupun Dinas-Dinas terkait untuk mempromosikan produknya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.