PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BUKU PADA PT. PENERBIT ERLANGGA (STUDI KASUS KONSUMEN DI SEKAYU)

Main Article Content

Ropal Tores Yeni Marsih Rumbiati ,

Abstract


  1. Penerbit Erlangga merupakan salah satu penerbit buku-buku mata pelajaran


dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi. Harga yang relatif


lebih mahal dibanding produk dari penerbit lain menimbulkan penurunan dalam penjualan.


Kelengkapan isi buku juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli buku



  1. Penerbit Erlangga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh produk dan harga


terhadap peningkatan buku PT. Penerbit Erlangga. Penelitian menggunakan pendekatan


kuantitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli buku PT. Erlangga di Sekayu.


Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2021 hingga November 2021. Teknik


pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada beberapa konsumen PT. Penerbit


Erlangga, untuk menggali informasi mengenai 1) Kelengkapan Isi, 2) Harga, dan 3) Strategi


Penjualan Buku Pt. Penerbit Erlangga. Hasil penelitian menemukan bahwa konsumen PT.


Penerbit Erlangga di Sekayu membeli buku dari Penerbit Erlangga dengan pertimbangan


kelengkapan produk yang lebih dibandingkan produk dari penerbit lain. Selain itu harga yang


ditawarkan juga menjadi pertimbangan, karena dengan harga yang lebih mahal sedikit tapi


konsumen bisa mendapatkan buku dengan isi materi yang lengkap dibanding dari penerbit


lain. PT. Penerbit Erlangga juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti pihak


sekolah maupun Dinas-Dinas terkait untuk mempromosikan produknya.


 

Article Details

How to Cite
TORES, Ropal; MARSIH, Yeni; ,, Rumbiati. PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BUKU PADA PT. PENERBIT ERLANGGA (STUDI KASUS KONSUMEN DI SEKAYU). Jurnal Manajemen Kompeten, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 38-51, jan. 2023. ISSN 2621-5381. Available at: <https://jurnal.irs.ac.id/index.php/mnjm/article/view/276>. Date accessed: 06 nov. 2025. doi: https://doi.org/10.51877/mnjm.v5i2.276.
Section
Articles